Ketua DPRD Sumatera Selatan Hadiri RUPS Tahunan PT Bukit Asam, Tbk. di Jakarta

Uncategorized48 Dilihat

Jakarta, 8 Mei 2024 – Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan PT Bukit Asam, Tbk. Tahun 2023 berlangsung dengan lancar dan penuh antusiasme di Hotel Borobudur, Jakarta. Acara ini dihadiri oleh sejumlah pemegang saham, direksi, serta para pemangku kepentingan lainnya. Salah satu tamu penting yang hadir adalah Ketua DPRD Provinsi Sumatera Selatan, Ibu Dr. Hj. R.A. Anita Noeringhati, SH., MH., yang didampingi oleh Anggota DPRD, Bapak Andie Dinialdie, SE.

PT Bukit Asam, Tbk. merupakan salah satu perusahaan tambang batubara terbesar di Indonesia, dengan kontribusi signifikan terhadap perekonomian nasional dan daerah, termasuk Sumatera Selatan. Kehadiran Ibu Anita Noeringhati dan Bapak Andie Dinialdie dalam RUPS Tahunan ini menunjukkan betapa pentingnya hubungan antara perusahaan dan pemerintah daerah. Sumatera Selatan, sebagai salah satu daerah penghasil batubara, memiliki kepentingan strategis dalam perkembangan dan kebijakan perusahaan.

RUPS Tahunan PT Bukit Asam, Tbk. dibuka dengan sambutan dari Direktur Utama PT Bukit Asam, Tbk., Bapak Arviyan Arifin. Dalam sambutannya, beliau mengucapkan terima kasih kepada seluruh pemegang saham dan pemangku kepentingan atas dukungan dan kepercayaan yang diberikan. Bapak Arviyan juga menyampaikan laporan kinerja perusahaan sepanjang tahun 2023, termasuk capaian dan tantangan yang dihadapi.

“Kami sangat berterima kasih atas dukungan yang terus diberikan oleh para pemegang saham, pemerintah daerah, dan seluruh pihak yang terlibat. Tahun 2023 merupakan tahun yang penuh tantangan, namun dengan kerja keras dan komitmen bersama, kami berhasil mencapai target yang telah ditetapkan,” ujar Bapak Arviyan.

Salah satu agenda utama dalam RUPS ini adalah penyampaian laporan kinerja dan keuangan perusahaan. Bapak Arviyan Arifin memaparkan bahwa PT Bukit Asam, Tbk. berhasil mencatat peningkatan produksi dan penjualan batubara, meskipun di tengah situasi global yang tidak menentu. Laporan keuangan yang disampaikan menunjukkan bahwa perusahaan tetap dalam kondisi keuangan yang sehat dengan peningkatan laba bersih dibandingkan tahun sebelumnya.

“Perusahaan terus berupaya untuk meningkatkan efisiensi operasional dan mengoptimalkan sumber daya yang ada. Kami juga fokus pada pengembangan sumber daya manusia dan teknologi untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing perusahaan,” tambah Bapak Arviyan.

Ketua DPRD Provinsi Sumatera Selatan, Ibu Anita Noeringhati, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi terhadap kinerja PT Bukit Asam, Tbk. yang telah memberikan kontribusi signifikan bagi pembangunan dan perekonomian Sumatera Selatan. Beliau juga menekankan pentingnya sinergi antara perusahaan dan pemerintah daerah untuk mencapai tujuan bersama.

“Kami sangat menghargai kontribusi PT Bukit Asam, Tbk. dalam memajukan perekonomian Sumatera Selatan. Kerja sama yang baik antara perusahaan dan pemerintah daerah sangat penting untuk memastikan pembangunan yang berkelanjutan dan kesejahteraan masyarakat,” ujar Ibu Anita.

Dalam kesempatan tersebut, Ibu Anita juga menyampaikan harapannya agar PT Bukit Asam, Tbk. terus meningkatkan program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) yang berdampak positif bagi masyarakat sekitar tambang. Program-program tersebut diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan mendukung pembangunan infrastruktur di daerah.

“Program CSR yang dilaksanakan oleh PT Bukit Asam, Tbk. telah memberikan dampak positif bagi masyarakat. Kami berharap program ini dapat terus ditingkatkan dan lebih banyak menyasar pada pemberdayaan ekonomi masyarakat serta pembangunan infrastruktur yang lebih merata,” tambah Ibu Anita.

RUPS Tahunan PT Bukit Asam, Tbk. Tahun 2023 ditutup dengan pengambilan keputusan dari pemegang saham. Beberapa keputusan penting yang diambil antara lain adalah persetujuan laporan tahunan, penggunaan laba bersih, dan perubahan susunan direksi serta komisaris. Seluruh keputusan tersebut diambil dengan musyawarah mufakat, mencerminkan komitmen bersama untuk kemajuan perusahaan.

Dalam penutupannya, Direktur Utama PT Bukit Asam, Tbk. menyampaikan terima kasih kepada seluruh pemegang saham atas kepercayaan yang diberikan. Beliau juga menegaskan komitmen perusahaan untuk terus berinovasi dan berkontribusi positif bagi perekonomian nasional dan daerah.

“Kami berkomitmen untuk terus berinovasi dan memberikan kontribusi terbaik bagi perekonomian nasional dan daerah. Dukungan dari seluruh pemegang saham dan pemangku kepentingan sangat penting bagi kami untuk mencapai tujuan tersebut,” pungkas Bapak Arviyan.

Kehadiran Ketua DPRD Provinsi Sumatera Selatan dan Anggota DPRD dalam RUPS Tahunan PT Bukit Asam, Tbk. ini menunjukkan komitmen pemerintah daerah untuk terus mendukung dan mengawasi kinerja perusahaan yang beroperasi di wilayahnya. Sinergi antara pemerintah daerah dan perusahaan menjadi kunci utama dalam mencapai pembangunan yang berkelanjutan dan kesejahteraan masyarakat.

Dengan dukungan dan kerja sama yang baik, diharapkan PT Bukit Asam, Tbk. dapat terus tumbuh dan memberikan kontribusi yang lebih besar lagi bagi perekonomian Sumatera Selatan dan Indonesia secara keseluruhan. RUPS Tahunan ini menjadi momentum penting untuk merumuskan strategi dan kebijakan yang lebih baik di masa depan.

Kehadiran tokoh-tokoh penting dalam RUPS ini juga menjadi simbol bahwa setiap langkah yang diambil oleh perusahaan akan selalu mendapatkan perhatian dan dukungan dari berbagai pihak, demi terciptanya harmoni antara dunia usaha dan masyarakat. Dengan demikian, PT Bukit Asam, Tbk. dapat terus berperan sebagai salah satu pilar utama perekonomian Sumatera Selatan.