Kunjungan Kerja Ketua DPRD Provinsi Sumatera Selatan dan Anggota Komisi IV ke Dinas PUBM Kabupaten Ogan Komering Ilir

Daerah, Kunker46 Dilihat

Palembang, 3 Mei 2024 – Ketua DPRD Provinsi Sumatera Selatan, Ibu Dr. Hj. R.A. Anita Noeringhati, SH., MH., bersama Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Sumsel, Ibu Nadia Basyir, SE., Bapak Andie Dinialdie, SE., dan Bapak Iwan Hermawan, ST., MT., melakukan kunjungan kerja ke Dinas Pekerjaan Umum dan Bina Marga (PUBM) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). Kunjungan ini bertujuan untuk memonitoring realisasi bantuan Gubernur tahun 2023 di Kabupaten OKI.

Kunjungan tersebut diterima oleh Sekretaris Dinas PUBM OKI, Bapak Ahmad Sulaiman, ST., MM., yang didampingi oleh Kepala Bidang Pembekalan dan Peralatan, Bapak H. Trisno Effendi, ST., MT., Kepala Bidang Program dan Perencanaan, Bapak Budiman, ST., dan Kepala Bidang Bina Marga, Bapak Ir. Rifki Imanuddin Kunto, ST., di Ruang Kepala Dinas PUBM OKI.

Pada kesempatan tersebut, Ketua DPRD Provinsi Sumsel, Ibu Dr. Hj. R.A. Anita Noeringhati, menyampaikan bahwa kunjungan kerja ini merupakan bagian dari upaya DPRD untuk memastikan bahwa bantuan yang diberikan oleh Gubernur dapat terealisasi dengan baik dan memberikan manfaat nyata bagi masyarakat Kabupaten Ogan Komering Ilir. “Kami ingin memastikan bahwa dana bantuan yang telah diberikan oleh Gubernur benar-benar digunakan sesuai dengan peruntukannya dan memberikan dampak positif bagi masyarakat,” ujarnya.

Dalam pertemuan ini, Sekretaris Dinas PUBM OKI, Bapak Ahmad Sulaiman, ST., MM., memaparkan realisasi penggunaan dana bantuan Gubernur tahun 2023. Beliau menjelaskan bahwa dana tersebut telah digunakan untuk berbagai proyek infrastruktur yang bertujuan meningkatkan kualitas hidup masyarakat di Kabupaten OKI. Proyek-proyek tersebut meliputi pembangunan dan perbaikan jalan, jembatan, dan fasilitas umum lainnya.

Bapak Ahmad Sulaiman juga mengapresiasi kunjungan kerja dari Ketua DPRD Provinsi Sumatera Selatan dan anggota Komisi IV. “Kunjungan ini sangat penting untuk memastikan transparansi dan akuntabilitas dalam penggunaan dana bantuan. Kami berkomitmen untuk terus bekerja keras demi kesejahteraan masyarakat Kabupaten OKI,” tegasnya.

Realisasi Bantuan Gubernur Tahun 2023

Selama pertemuan, Kepala Bidang Pembekalan dan Peralatan, Bapak H. Trisno Effendi, ST., MT., memberikan penjelasan lebih rinci mengenai proyek-proyek yang telah dilaksanakan menggunakan dana bantuan Gubernur. Beliau menyebutkan beberapa proyek utama yang telah selesai maupun yang sedang dalam tahap penyelesaian.

Salah satu proyek yang menjadi fokus adalah pembangunan jalan penghubung antar desa yang sebelumnya mengalami kerusakan parah. Pembangunan ini diharapkan dapat mempermudah akses transportasi bagi masyarakat, sehingga kegiatan ekonomi dan sosial di daerah tersebut dapat meningkat. “Kami fokus pada pembangunan jalan yang menjadi akses utama bagi masyarakat. Dengan kondisi jalan yang baik, mobilitas warga menjadi lebih lancar, dan ini tentu saja berdampak positif pada perekonomian lokal,” jelas Trisno.

Selain itu, Bapak Budiman, ST., selaku Kepala Bidang Program dan Perencanaan, menambahkan bahwa dana bantuan juga dialokasikan untuk proyek pembangunan jembatan di beberapa titik strategis. Jembatan-jembatan ini sangat penting untuk menghubungkan daerah-daerah yang terpisah oleh sungai, sehingga aksesibilitas dan konektivitas antar wilayah dapat terjaga dengan baik. “Pembangunan jembatan ini merupakan bagian dari upaya kami untuk memastikan bahwa semua daerah, terutama yang terisolir, mendapatkan akses yang memadai,” ungkap Budiman.

Tantangan dan Solusi

Dalam diskusi, Bapak Ir. Rifki Imanuddin Kunto, ST., Kepala Bidang Bina Marga, memaparkan beberapa tantangan yang dihadapi dalam pelaksanaan proyek-proyek infrastruktur di Kabupaten OKI. Salah satu tantangan utama adalah kondisi geografis yang sulit dan cuaca ekstrem yang sering menghambat proses konstruksi. Namun, beliau menegaskan bahwa pihaknya telah mengantisipasi berbagai tantangan tersebut dengan strategi yang matang dan koordinasi yang baik antar tim.

“Kami menghadapi berbagai tantangan, mulai dari kondisi tanah yang labil hingga cuaca yang tidak bersahabat. Namun, dengan perencanaan yang baik dan kerjasama yang solid antar tim, kami mampu menyelesaikan proyek-proyek ini tepat waktu,” jelas Rifki.

Selain itu, beliau juga menekankan pentingnya partisipasi masyarakat dalam mendukung dan mengawasi pelaksanaan proyek. Menurutnya, dengan keterlibatan masyarakat, pengawasan terhadap penggunaan dana dan kualitas hasil pekerjaan dapat lebih optimal. “Kami mengajak masyarakat untuk turut serta dalam mengawasi proyek-proyek ini. Partisipasi aktif dari masyarakat sangat membantu kami dalam memastikan bahwa hasil pekerjaan sesuai dengan yang diharapkan,” tambahnya.

Komitmen DPRD Provinsi Sumatera Selatan

Menanggapi paparan dari para pejabat Dinas PUBM OKI, Ibu Dr. Hj. R.A. Anita Noeringhati menyatakan apresiasinya terhadap kerja keras yang telah dilakukan oleh Dinas PUBM OKI. Beliau menekankan pentingnya sinergi antara pemerintah daerah dan DPRD dalam memastikan realisasi bantuan gubernur dapat berjalan dengan baik.

“Kami sangat mengapresiasi kerja keras dari Dinas PUBM OKI dalam merealisasikan bantuan ini. Kami juga berkomitmen untuk terus mengawal dan mendukung program-program yang bermanfaat bagi masyarakat,” ujarnya. Ibu Anita juga menegaskan bahwa DPRD akan terus melakukan pengawasan dan evaluasi terhadap pelaksanaan proyek-proyek ini.

Sementara itu, Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Sumsel, Ibu Nadia Basyir, SE., menambahkan bahwa kunjungan kerja ini memberikan gambaran yang jelas tentang progres pembangunan infrastruktur di Kabupaten OKI. Beliau berharap hasil kunjungan ini dapat menjadi bahan evaluasi untuk perencanaan program bantuan di masa mendatang. “Kunjungan ini memberikan banyak informasi yang berharga bagi kami. Kami berharap hasil dari kunjungan ini dapat menjadi bahan evaluasi untuk meningkatkan program bantuan di masa yang akan datang,” ungkap Nadia.

Harapan ke Depan

Pada akhir kunjungan, Ketua DPRD Provinsi Sumsel, Ibu Anita Noeringhati, menyampaikan harapannya agar Dinas PUBM OKI dapat terus meningkatkan kinerjanya dalam melaksanakan proyek-proyek pembangunan. Beliau juga mengingatkan pentingnya menjaga kualitas dan ketepatan waktu dalam penyelesaian proyek. “Kami berharap Dinas PUBM OKI dapat terus meningkatkan kinerjanya. Kualitas dan ketepatan waktu dalam penyelesaian proyek harus tetap menjadi prioritas utama,” ujarnya.

Ibu Anita juga mengajak seluruh pihak untuk terus bersinergi dalam membangun Sumatera Selatan yang lebih baik. Menurutnya, kerjasama yang baik antara pemerintah daerah, DPRD, dan masyarakat adalah kunci keberhasilan pembangunan. “Kami mengajak semua pihak untuk terus bersinergi. Kerjasama yang baik antara pemerintah daerah, DPRD, dan masyarakat adalah kunci untuk mewujudkan Sumatera Selatan yang lebih maju dan sejahtera,” tutupnya.

Dengan berakhirnya kunjungan kerja ini, diharapkan adanya peningkatan koordinasi dan komunikasi antara berbagai pihak terkait dalam merealisasikan bantuan gubernur. Monitoring seperti ini sangat penting untuk memastikan bahwa setiap bantuan yang diberikan dapat bermanfaat maksimal bagi masyarakat dan mendukung pembangunan daerah yang berkelanjutan.

Kesimpulan

Kunjungan kerja Ketua DPRD Provinsi Sumatera Selatan bersama Anggota Komisi IV ke Dinas PUBM Kabupaten Ogan Komering Ilir merupakan salah satu bentuk nyata pengawasan dan evaluasi terhadap realisasi bantuan gubernur tahun 2023. Melalui kunjungan ini, diharapkan tercipta transparansi dan akuntabilitas dalam penggunaan dana bantuan, serta peningkatan kinerja dalam melaksanakan proyek-proyek infrastruktur yang bermanfaat bagi masyarakat.

Dengan komitmen yang kuat dari semua pihak, diharapkan pembangunan infrastruktur di Kabupaten Ogan Komering Ilir dapat berjalan dengan baik dan memberikan dampak positif bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Semangat kerjasama dan sinergi antara pemerintah daerah, DPRD, dan masyarakat akan menjadi modal utama dalam mewujudkan Sumatera Selatan yang lebih baik di masa mendatang.